Latar Belakang Penggunaan Metode
Konsep perkalian tercantum dalam SK-KD kelas 2 semester II. Sering kali penyampaian konsep perkalian menggunakan istilah wadah dan isi. Misalnya tiga buah wadah masing-masing diisi dengan 2 kelereng. Maka sama dengan 2+2+2, hasilnya 6. Atau jika ditulis dalam bentuk perkalian 3 (wadah) x 2 (isi) = 6.
Latar Belakang Penyampaian Materi
Analogi “wadah” dan “isi” diganti dengan kursi (sebagai wadah) dan orang (sebagai isi) bertujuan agar siswa mengingat konsep perkalian ini kedalam ingatan jangka panjang mereka, karena sering kali siswa lupa dengan materi yang baru saja diajarkan.
Teori/Penjelasan Materi
Perkalian merupakan penjumlahan berulang. Misalnya:
Ada 3 piring yang berisi jeruk. Setiap piring berisi 2 buah jeruk. Banyak jeruk seluruhnya dapat dihitung dengan cara:
2 + 2 + 2 = 6
Bentuk 2 + 2 + 2 menunjukkan penjumlahan angka 2 sebanyak 3 kali.
Jadi, 2 + 2 + 2 dapat ditulis menjadi perkalian 3 × 2 = 6.
Metode
Dari penjelasan materi di atas, siswa dapat melakukan simulasi konsep perkalian ini dengan kursi sebaga wadah/piring dan siswa sendiri sebagai isi/ jeruk.
Langkah Pertama
Guru terlebih dahulu menjelaskan materi penjumlahan berulang, kemudian guru membimbing siswa-siswa untuk menarik kesimpulan bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang.
Langkah Kedua
Kemudian, guru menyiapkan 3 buah kursi dan 6 orang relawan untuk maju. Masing-masing kursi diduduki oleh 2 orang.
“Ada 3 kursi yang masing-masing diduduki oleh dua orang”, maka guru menulis di papan tulis 3 x 2.
Kemudian guru membuka diskusi dengan menanyakan berapa orang yang duduk di 3 kursi tersebut. Jika siswa-siswa belum paham, guru mengajak siswa untuk menghitung bersama-sama berapa jumlah orang yang duduk di 3 kursi. Kursi dan orang bisa disesuaikan dengan bilangan perkaliannya.
Lesson Learned
Pendidikan Karakter yang Disisipkan
Pendidikan karakter yang bisa disisipkan dalam metode ini adalah kesediaan untuk saling berbagi (tempat duduk) dengan teman.
Kesimpulan
Pelajaran matematika yang konstruktif dan kontekstual perlu diberikan kepada peserta didik. Pembelakaran konsep perkalian yang menggunakan contoh konkrit dalam kehidupan sehari-hari membantu pemahaman siswa.
copas dari http://belajar.indonesiamengajar.org/
Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Konsep Perkalian (2)"
Posting Komentar